Membuat Aplikasi Hello World Dengan Flutter

Berikut ini adalah contoh bentuk sangat sederhana sintaks yang sering kita lihat di dokumentasi flutter:

Yang contoh 1 mungkin kita sering lihat (buat yang sudah buka dokumentasi flutter lho ya). Namun sebenarnya, contoh 1 dan 2 itu sama, hanya beda penulisan saja. Ketika function cuma memiliki satu statement maka bisa dituliskan seperti contoh 1. Function main cuma menjalankan statement runApp saja makanya bisa dituliskan seperti itu. Makanya sering banget kita lihat aplikasi flutter penulisan function main-nya selalu begitu.

Di flutter semuanya adalah widget, termasuk text, image bahkan padding dan alignment juga. Dan material app ini seperti penyedia widgetnya. Material app memiliki banyak widget yang dapat dipakai. Jadi gambarannya begini, runApp menjalankan MaterialApp, kemudian MaterialApp memproduksi widget-widget seperti Center dan Text. Karena Text diperlakukan sebagai child dari Center maka Text harus mengikuti aturan parent-nya. Anak dari Center wajib di tengah. Oleh karena itu si Text selalu berada di tengah.

Jika kamu familiar dengan pemrograman web, widget di sini mirip seperti div. Jadi, bisa digambarkan widget center sebagai div dengan class=”center” yang di dalamnya ada <p>Hello World</p> sebagai childnya. Seperti di bawah ini:

<div class="center">
<p>Hello World</p>
</div>

Okay, tanpa perlu berpanjang lebar, jika dirunning maka hasilnya seperti gambar di bawah ini.

Simple hello world

Yey, akhirnya, kita dapat membuat aplikasi hello world di android. Akan tetapi tampilannya masih sangat sederhana banget dan belum mirip aplikasi-aplikasi mobile android ya? Nah, oleh karena itu, sekarang kita bikin tampilannya jadi lebih cantik lagi, layaknya aplikasi android sebenarnya. Bagaimana caranya? Kita akan menggunakan scaffold. Dengan ini kita bisa membuat tampilan AppBar yang cakep dengan mudah. Langsung saja yuk kita buat!

Gampang kan? Hasilnya nanti akan seperti gambar di bawah ini.

Flutter Hello World!

Selamat, sekarang kamu sudah bisa bikin aplikasi sederhana dengan Flutter :)

--

--

A Kotlin android developer and a full stack web developer (familiar with Django) based in Indonesia. Interested in remote jobs.

Love podcasts or audiobooks? Learn on the go with our new app.

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store
Adhi Setyatuhu

A Kotlin android developer and a full stack web developer (familiar with Django) based in Indonesia. Interested in remote jobs.